Dibalik Kesuksesan Pemuda Bangkalan Membudidayakan Ikan Lele

Bangkalan, Zonainvestigasi.com – Dibalik kesuksesan seorang pemuda menjadi pembudidaya lele di Desa Sobih Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan,
awal mulanya pemuda yang bernama Abu Yasid ini hanya menyukai ikan lele, namun seiringnya waktu berjalan dengan berdasarkan hobi dia mencoba membudidayakan ikan lele dengan membuat 3 kolam. “Sebelumnya hanya suka dengan ikan lele mas kemudian dengan berdasarkan hobi tersebut saya membuat 3 kolam untuk berternak ikan lele. “Kata Yasid, sebutan pemuda ini ketika dikonfirmasi, Jumat (16/10/2020)

Yasid menjelaskan, dengan modal uang Rp 4 juta, dia membuat 3 kolam ikan, dengan ketekunan yang tinggi dalam kurun 4 tahun dirinya berhasil mengembangkan usaha budidaya lele miliknya, dan kolam ikan lele yang ia buat sekarang menjadi 30 kolam ikan lele, tempat bibit sama pembesaran.

“Saya hanya bermodal Rp 4 juta, dengan uang tersebut saya menekuni usaha budidaya ikan lele ini kemudian dari keuntungan penjualan ikan lele saya bisa membuat sebanyak 30 kolam tempat pembibitan ikan lele dan pembesaran. “Jelasnya.

Menurut Yasid, dalam kurun 4 tahun menjadi pembudidaya ikan lele salah satu faktor yang menyebabkan ikan lele mati, adalah perawatan yang kurang maksimal, baik dari tempat, air, maupun pakan yang diberikan pada ikan lele, salah satunya air hujan yang turun pertama, bisa menyebabkan ikan lele mati, oleh sebab itu apabila turun hujan yang pertama dia segera menguras tempat pembibitan ikan lele dan tempat pembesaran ikan lele diganti air yang baru agar supaya tidak menyebabkan ikan mati.

“Pembudidayaan ikan lele ini mas, untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal tergantung dari perawatan yang dilakukan sehari hari, diantaranya dalam memberikan pakanan yang bervitamin, yang paling penting kalau lagi turun hujan yang pertama, harus cepat menguras dan mengganti air baru agar tidak menyebabkan ikan lele mati. “Tuturnya.

Kemudian dia juga mengucapkan, Dalam menekuni pekerjaan Membudidayakan ikan lele ini Yasid, dalam dua bulan sekali Panin, keuntungan yang ia dapat dari pembesaran saja, dalam seribu ikan lele mendapatkan keuntungan Rp 300 ribu, sedangkan dari bibit ikan lele kalau lagi rezeki bisa mendapat keuntungan dua kali lipat dari modal bahkan bisa lebih.

“Dari pembesaran ikan lele dalam seribu bisa mendapatkan keuntungan Rp 300 ribu mas, kalau dari bibit tergantung cuaca, kalau lagi rezeki bisa mendapat keuntungan dua kali lipat dari modal bahkan bisa lebih. “Ucapnya.

Terakhir Yasid menerangkan, terkait banyaknya kebutuhan terhadap pakan ikan maka ia sekarang mempersiapkan pembuatan pakan ikan lele. “Sekarang saya fokus dengan pembuatan pakan ikan lele mas, agar bisa menekan biaya produksi. “Tutupnya




#Muallam#

Author: Biro Bangkalan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *