Grand Final Pemilihan PPBS Th. 2020 Tetap Mengikuti Aturan Prokes

Spg.zonainvestigasi.com – Pada pagelaran malam grand final Pemilihan Putra Putri Batik Kabupaten Sampang tahun 2020 berlangsung meriah dan semarak yakni dengan dibuktikannya dari antusiasme penonton yang cukup banyak.

Bertempat di depan gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sampang, kegiatan itu sendiri bertujuan untuk memperkenalkan batik Madura khususnya batik Sampang sekaligus untuk memperingati Hari Batik Nasional, Sabtu malam, (03/09/2020).

Pantauan jurnalis zonainvestigasi.com biro Sampang di lapangan, kegiatan tersebut tetap mematuhi Protokol Kesehatan, yaitu dengan cara mewajibkan baik bagi peserta, maupun para tamu undangan serta seluruh penonton agar memakai masker ataupun fish shield dan selanjutnya diperiksa suhu tubuh ketika hendak masuk ke lokasi acara.

Malam grand final Pemilihan Putra Putri Batik Sampang (PPBS) 2020 dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang (H. Yuliadi Setiawan, S.Sos), Ketua TP PKK Sampang (Hj. Mimin Slamet Junaidi) beserta Wakilnya (Hj. Vanny Abdullah Hidayat), Ketua Dharma Wanita Persatuan Sampang (Hj. Enny Yuliadi Setiawan), anggota DPRD Kab. Sampang (Moh. Iqbal Fathoni), Plt. Kadis Disperindag Kab. Sampang (H. Abd. Hannan) dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sampang lainnya serta perwakilan/duta Kacong Cebbing wilayah Madura.

Ketua Yayasan Putra Putri Batik Sampang (Fathorrosi) mengatakan bahwa para finalis yang tampil sudah melakukan berbagai seleksi ketat dan di karantina selama beberapa bulan.

“Dalam masa karantina, ke 17 pasang finalis yang merupakan perwakilan dari masing-masing Kecamatan se wilayah Kabupaten Sampang tersebut diberikan berbagai materi.
Digelarnya acara ini, selain untuk memperingati hari batik nasional, juga sebagai momentum untuk memperkenalkan budaya daerah serta melahirkan para pemuda atau pemudi sebagai ujung tombak untuk promosi pariwisata yang berada di kabupaten Sampang”, Katanya.

Lebih lanjut, pria yang akrab dipanggil Rozy itu juga berharap agar pemilihan Putra Putri Batik di Sampang akan menjadi agenda tahunan untuk meneruskan atau kaderisasi.

Pihaknya juga berharap mereka nantinya tak hanya memperkenalkan batik yang sudah ada namun membantu memperluas eksistensi batik Sampang baik di kancah Nasional dan Internasional.

Sedangkan Sekertaris Daerah Kab. Sampang (H. Yuliadi Setiyawan) meyakini para finalis PPBS tersebut akan mampu membanggakan Kota Bahari dengan prestasinya.

“Kami mengimbau kepada masyarakat Sampang khususnya terhadap para generasi milenial agar selalu bangga mengenakan batik terutama batik lokal Sampang, karena motif batik Indonesia merupakan salah satu warisan budaya nasional yang sudah diakui oleh UNESCO tersebut untuk terus tetap lestari. Kami selaku pemerintah daerah akan berkomitmen mendukung gerakan serta aksi nyata yang sifatnya positif demi kemajuan daerah yang kita cintai bersama ini”, Ujarnya.

“Oleh sebab itu, Kami berharap pagelaran seni budaya batik yang diselenggarakan malam ini nantinya bisa memupuk generasi muda untuk mencintai dan memahami serta merasa memiliki kekayaan seni budaya Sampang, sehingga dapat dikenal oleh daerah lainnya”, Ucap Wawan.

Dengan didukung oleh Tiara Kusuma Kosmetik Cabang Sampang, bertindak sebagai juri pada malam grand final tersebut adalah Founder PPBS (Arman Abdurrahman), Wakil Ketua DPRD Sampang (Rudi Kurniawan), Putri Batik Nusantara 2018 (Gloria Vincent), Duta Batik Jatim 2019 (Nektara) dan Fashion Designer (Imam Mustafa).

Adapun daftar pemenang di malam Grand Final PPBS tahun 2020 diantaranya Juara I (Putra Batik Robatal – Putri Batik Banyuates), Juara II (Putra Batik Ketapang – Putri Batik Pangarengan) dan sebagai Juara III (Putra Batik Sampang 4 – Putri Batik Sampang 3).
#(is-one)#

Author: Redaksi ZI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *