Ratusan WB Ikuti Giat Skrining di Lapas Pamekasan

Pamekasan, Zonainvestigasi.com-Lapas Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim melaksanakan skrining kepada seluruh warga Binaan (WB) dalam pencegahan penyebaran TBC di dalam Lapas. Ratusan warga binaan mengikuti kegiatan skrining di Lapas Pamekasan bertempat di aula Rehabilitasi Lapas pamekasan pada Kamis (02/11/2023).

Dr. Kristanto Lapas Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim menjelaskan, kegiatan skrining dimulai pada Kamis 2 November yang terkait pada kesehatan bagi para WBP dengan harapan resiko penyebaran dan penularan TBC dalam Lapas dapat ditekan.

“Kegiatan Skrining ini dilaksanakan bertujuan fokus pada kesehatan bagi warga binaan pemasyarakatan agar tidak beresiko pada penyebaran dan penularan TBC dilingkungan Lapas,” harapan dokter Lapas Kelas IIA Pamekasan.

Tahapan skrining dilakukan wawancara kepada warga binaan tentang pengetahuan penyakit TBC dan indikasi gejala TBC serta riwayat kontak dengan penderita TBC.

“Kegiatan skrining ini akan dilanjutkan dengan pemeriksaan foto rontgen (X-Ray) dan pengambilan dahak untuk pemeriksaan TCM bagi terduga (suspect) TBC pada 10-17 Nov 2023. Dan apabila ditemukan hasil positif TBC maka Para warga binaan tersebut akan disiapkan ruangan isolasi khusus untuk pengobatan Obat Anti TBC (OAT) agar tidak menularkan kepada warga binaan lain”, ungkap dr. Kris. (M/HN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: