Perbaikan Jalan Gondanglegi-Balekambang Malang Diperbaiki ISDB

Malang-zonainvestigasi.com – Sepanjang jalan gondanglegi menuju Pantai Balekambang  diperbaiki pada 2024 hingga 2025. Pembangunan itu menggunakan bantuan dana dari Islamic Development Bank (ISDB) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Malang.

 Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) Kabupaten Malang Khairul Isnaidi Kusuma menyampaikan, panjang jalan dari Gondanglegi hingga simpang Pantai Balekambang sekitar 32 kilometer. Total panjang tersebut dibagi ke dalam dua tahap. Yakni lot 16 A dari Gondanglegi ke Wonokerto dan lot 16 B dari Wonokerto ke Pantai Balekambang. 

“Total dengan (pembebasan) tanah, itu hampir Rp600 miliar. Itu dari lot 16 A yaitu Gondanglegi-Wonokerto, kemudian dari lot 16 B yakni dari Wonokerto-Simpang Balekambang,” ungkap Khairul atau yang akrab disapa Oong.
 
Lot 16 A dari Gondanglegi menuju Desa Wonokerto, Kecamatan Bantur, telah dikerjakan pada rentan waktu November 2023 hingga April 2024. Sedangkan lot 16 B dari Desa Wonokerto menuju simpang Pantai Balekambang telah masuk pada proses lelang dan dilanjutkan penandatanganan kontrak kerja. 

“Kalau sesuai dengan jadwal Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR, itu akan mulai kontrak pada sekitar akhir April, sampai paling telat itu di bulan Mei 2024 mendatang untuk lot 16 B dari Wonokerto sampai simpang Balekambang,” jelasnya.

Setelah proses lelang selesai, kemudian memasuki masa sanggah yang dilakukan oleh para peserta lelang. Namun, ketika tidak ada sanggahan dari para peserta lelang, maka akan ditetapkan pemenang lelang dan mulai melakukan penandatanganan kontrak kerja.

“Yang dimaksud berkontrak ini antara pemenang tender dengan Kementerian PUPR. Nah di sini harus diketahui dan mendapatkan persetujuan dari IsDB yang berada di Arab Saudi,” ungkap Oong. 
Hal itu dikarenakan, bantuan dana sebesar Rp600 miliar berasal dari IsDB yang diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Kementerian PUPR RI. Jadi,  penetapan pemenang lelang harus sepengetahuan IsDB. 

“Nanti begitu ditetapkan, insya Allah di bulan Mei nanti saya yakin kalau tidak ada yang komplain atau tidak ada yang mengajukan sanggah. Itu pekerjaan fisik bisa dilaksanakan di bulan Mei,” ungkapnya.

Sementara itu,  mengenai lama pengerjaan proyek perbaikan jalan dari Gondanglegi sampai simpang Pantai Balekambang, Oong memperkirakan selesai tahun 2025. Pasalnya, proyek perbaikan jalan Gondanglegi-simpang Pantai Balekambang menggunakan konsep multiyears atau dua tahun pengerjaan. 

“Proyek ini kan multiyears, jadi dua tahun (pengerjaan). Paling tidak di 2025 itu total keseluruhan dari Gondanglegi-Balekambang sudah selesai. Totalnya 32 kilometer, yakni lot 16 A itu 16 kilometer kemudian lot 16 B juga 16 kilometer,” pungkas Oong. (M/zhr).
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: